Kendala dalam Pemasangan Epoxy Lantai

Posted by:

Kendala dalam Pemasangan Epoxy Lantai.

Perkembangan pembangunan terjadi dalam berbagai hal yang salah satunya dari segi material yaitu adanya Epoxy sebagai pelapis pada lantai beton. Kebutuhan akan Epoxy ini semakin meningkat dengan banyaknya kebutuhan dari pihak fabrikasi makanan, minuman, obat – obatan, kosmetik, dll. Bahan Epoxy ini berguna karena memiliki ketahanan abrasi yang baik, tidak berdebu, memiliki warna yang indah dan tidak licin. Epoxy ini memiliki berbagai macam tipe dan jenis yang berbeda – beda sesuai dengan kebutuhan.

Cat lantai Epoxy merupakan sebuah alternatif bagi konsumen yang membutuhkan tempat yang hygienis. Tidak adanya nat pada lantai dan terdapat banyak variasi warna merupakan suatu kebutuhan wajib bagi pemilik industri pangan, kosmetik, rumah sakit, dll. Dari umur lantai, maka kinerja terbaik ada pada umur lantai yang masih baru. Dalam pengaplikasian mutu beton yang baik minimal K – 300 dengan tujuan agar ikatan antara Epoxy dengan beton dapat terikat dengan kuat atau monolit. Kendala dari penggunaan Epoxy yang sering muncul adalah munculnya bubble, crater, dan pinhole.

kendala dalam pemasangan epoxy

Epoxy Based Flooring

Epoxy Based Flooring System adalah suatu cat khusus untuk lantai yang terbuat dari bahan resin epoxy, pigment, filler, solvent, dan adictif, sehingga memiliki daya lekat yang baik atas beton dan mempunyai ketahanan terhadap bahan – bahan kimia seperti garam, alkali, alkohol, oli, dll. Untuk mengaplikasikan Epoxy Based Flooring System ini dengan cara mengaplikasikan ke seluruh permukaan secara merata pada saat kondisi permukaan lantai beton sudah kering sempurna.

Kendala yang sering muncul dalam pemasangan epoxy lantai

Sebuah lapisan epoxy gagal ketika terjadi kerusakan yang menyebabkan lapisan terkelupas, berubah warna, muncul gelembung ataupun cekungan pada permukaan lantai. Penyebab yang paling mendasar dari kendala tersebut adalah adanya persiapan permukaan yang tidak tepat.

Dari sisi pemakaian ataupun proses pemasangan yang salah, berikut adalah penjabaran dari gejala – gejala yang sering muncul :

  • Goresan / Scratch, goresan terjadi akibat benturan benda tajam atau besi yang menimbulkan sayatan pada permukaan lapisan lantai.
  • Perubahan warna, pada umumnya perbuahan warna dapat terjadi karena zat pigment pada epoxy tidak dapat menerima sinar ultraviolet, ada pula perubahan warna dapat disebabkan oleh zat – zat kimia yang terpapar pada permukaan.
  • Gelembung / Bubble, terjadi akibat adanya udara panas yang menguap dari permukaan betonsehingga lapisan cat terdorong keluar.
  • Cekungan / Crater, terjadi akibat komposisi dari pencampuran yang tidak sesuai dengan ketentuan.
  • Lubang jarum / Pinhole, pada dasarnya pinhole merupakan crater namun pada ukuran yang lebih kecil sehingga tampak seperti lubang jarum.
  • Pengelupasan lapisan, terjadi akibat persiapan permukaan beton yang tidak tepat. Lapisan epoxy dapat terkelupas jika tidak memiliki ikatan yang baik antara lapisan epoxy dengan permukaan beton.
0
  Related Posts

Add a Comment