Manfaat Epoxy Coating Yang Perlu Dipahami

Posted by:

Manfaat epoxy coating yang terpenting adalah biaya yang rendah dalam perawatan dan pembersihan. Epoxy adalah material yang berfungsi sebagai sealent (pelapis) untuk lantai beton. Istilah epoxy coating (pelapis epoxy) dan epoxy paint (cat epoxy) sering kali membuat bingung. Walaupun istilah itu sering digunakan secara bergantian, tetapi sebenarnya ada perbedaan mendasar antara kedua istilah tersebut.

Cat epoxy, secara material, terdiri 1 komponen, merupakan produk akrilik lateks yang memiliki sejumlah kecil epoxy dalam komposisinya. Produk-produk ini memiliki daya lekat dan daya tahan yang lebih baik daripada cat akrilik standar, tetapi berbeda dengan pelapis lantai epoxy (coating).

 

manfaat epoxy coating

Sementara itu, pelapis lantai epoxy sendiri merupakan dua komponen yang terdiri dari resin epoxy dan pengeras poliamina (hardener). Sebelum digunakan kedua komponen harus dicampur terlebih dahulu. Pelapis epoxy bersifat cepat kering dan juga tahan terhadap kimia dan abrasi.

Perbedaan Pada Aplikasi dan Ketahanan

Satu hal yang pasti, cat biasanya lebih mudah diaplikasikan daripada epoxy coating. Dengan cat aplikator cukup membersihkan permukaan beton, kemudian menggunakan satu atau dua lapisan. Hasilnya, lantai dapat terlihat bagus dan mudah dikerjakan, hemat, dan praktis.

Namun, selama beberapa bulan (atau beberapa tahun jika cat dalam kondisi terbaik), lapisan cat mulai luntur, terutama jika digunakan ditempat dengan lalu lintas barang atau orang yang padat. Selain itu, cat juga mudah mengelupas.

aplikasi lapisan plamir

Disisi lain, epoxy coating memiliki ketahanan selama beberapa tahun. Sistem ini tahan lama, tahan abrasi, bahkan di area yag lalu lintasnya padat, serta tahan terhadap bahan kimia. Epoxy coating ini tidak berpori, tidak mudah mengelupas, dan juga tidak licin. Namun, epoxy coating membutuhkan lebih banyak pengerjaan, mulai dari persiapan, aplikasi primer, plamir, body coat, hingga finishing.

Epoxy coating juga perlu dipersiapkan permukaan yang tepat seperti grinding untuk membuka pori beton agar hasilnya optimal. Sistem epoxy coating juga terdiri dari berbagai lapisan mulai dari lapisan primer, lapisan pertama, lapisan tengah, dan lapisan atas, membuatnya lebih tebal dari lapisan cat biasa atau dua lapis cat sekalipun.

Dari persiapan permukaan, hingga aplikasi selesai, proses pelapisan epoxy dibutuhkan beberapa tahap untuk memberikan lantai berlapis epoxy berkualitas yang akan bertahan selama bertahun-tahun.

Manfaat Epoxy Coating

 

hasil aplikasi primer

Pelapis epoxy dapat digunakan di lantai basement, gudang, kantor, garasi, bahkan di dinding atau langit-langit gedung bertingkat, dan paling sering digunakan di lantai pabrik. Berikut adalah manfaat penggunaan pelapis lantai epoxy:

 

  1. Daya tahan yang lebih baik: lantai beton yang dilapisi epoxy bertahan lebih lama dibandingkan yang dilapisi cat biasa, sehingga menghemat uang dan memungkinkan Anda bisa fokus mengelola bisnis lainnya.
  2. Kuat dan tahan lama: setelah epoxy mengering dan membentuk polimer padat, epoxy menjadi sangat kuat yang akan mencegah kerusakan beton dari kimia.
  3. Menghemat waktu: pelapis lantai epoxy biasanya cepat dan mudah dipasang, yang berarti lebih sedikit waktu untuk mematikan produksi instalasi jika digunakan di pabrik (shut down time).
  4. Nilai estetika tinggi: pelapis lantai epoxy biasanya tersedia dalam berbagai warna agar sesuai dengan gaya spesifik Anda.
  5. Tahan korosi dan bahan kimia: pelapis epoxy dapat bertahan meski terus terpapar bahan kimia sehingga sangat cocok untuk gudang dan ruang produksi yang mungkin terkena bahan tersebut.

 

Hal terpenting dari penggunaan pelapis lantai epoxy adalah biaya yang rendah untuk perawatan dan pembersihan. Jadi, setelah beton dilapisi pelapis lantai epoxy, tidak akan mudah keropos karena diproteksi dan lebih mudah dibersihkan.

0
  Related Posts
  • No related posts found.

Add a Comment